Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Jenis Daun untuk Membungkus Makanan yang Aman digunakan

Di Indonesia makanan yang dibungkus dengan daun sudah bukan suatu hal yang rahasia lagi. Kita bisa menemui banyak makanan dengan kemasan daun. Salah satunya adalah daun pisang yang digunakan untuk pembungkus tempe daun atau menu masakan pepes. Tahukah Anda sebenarnya tidak hanya daun pisang yang bisa digunakan untuk membungkus makanan yang aman, beberapa daun lainnya juga digunakan untuk membungkus makanan.

Penggunaan daun untuk membungkus makanan sendiri memiliki banyak manfaat. Selain karena memang lebih ramah lingkungan, pembungkus makanan dengan dedaunan akan memberikan sensasi yang berbeda pada cita rasa masakan loh. Ada berbagai jenis daun dari tanaman yang umumnya bisa digunakan untuk mengemas makanan. Apa saja? Yuk simak daftarnya di bawah ini. 

4 Jenis Daun untuk Membungkus Makanan yang Aman digunakan

 1. Daun Patat
Pernah dengar daun patat sebelumnya? Daun ini memiliki penampilan yang hampir mirip dengan daun dari tanaman kunyit. Nama latinnya adalah Phrynium capitatum. Nah, daun patat ini sebenarnya sudah biasa digunakan sebagai pembungkus makanan loh. Contohnya adalah masyarakat Bogor yang memanfaatkannya untuk membungkus toge goreng.
Jenis daun Patat ini ternyata aman digunakan sebagai pembungkus makanan sama seperti daun pisang karena memiliki sifat yang antibakteri. Daun patat juga dapat menjadi solusi atau ide sebagai pembungkus daging kurban alternatif yang lebih aman dari penggunaan plastik.

2. Daun Mangkok
Sebenarnya daun mangkok punya banyak sebutan lainnya. Kalau orang Sunda biasanya menyebutnya dengan istilah mamanukan. Sedangkan orang jawa menyebutkan dengan godong mangkokan, berbeda lagi di Makassar yang sudah populer dengan menyebutnya daun mangkok. Nah, sesuai dengan nama sebutannya ini, daun ini memang mempunyai bentuk yang cekung dan menyerupai mangkok.
Daun mangkok dapat digunakan sebagai pembungkus makanan seperti pepes, bubur sagu sampai dengan pecel sayuran. Untuk mendapatkan daun mangkok yang baik untuk membungkus makanan pilihlah daun yang berwarna hijau segar serta urat daun yang masih bisa terlihat dengan jelas. Tujuannya adalah untuk memberikan aroma yang bisa berkhasiat menghilangkan bau amis.

3. Daun Jambu Air
Menarik sekali, ternyata pohon jambu air tidak hanya bisa dinikmati dari buahnya saja loh. Sebab daun jambu air juga dapat digunakan sebagai pembungkus atau kemasan makanan yang aman. Daun jambu air sudah digunakan di Garut untuk membungkus tape khas Garut itu sendiri. Fungsinya ternyata juga untuk memberikan warna hijau yang alami.
Selain itu, daun jambu air juga dimanfaatkan untuk membungkus nasi jamblang. Lantas bagaimana cara memilih daun jambu air yang tepat untuk membungkus makanan? Pilihlah daun yang sudah tua, dan gunakan daun yang baru dipetik dari pohon supaya warnanya sendiri masih bagus dan berkualitas untuk membungkus makanan.

4. Daun bambu
Apakah Anda tahu kalau sebenarnya daun bambu juga bisa dijadikan sebagai pengemas makanan yang aman dan sehat? Ya meskipun termasuk ke dalam jenis tanaman rerumputan dengan batang yang beruas dan berongga, tanaman ini ternyata multifungsi atau setiap bagian tanamannya dapat digunakan. Biasanya makanan yang menggunakan pembungkus daun bambu adalah tempe, bakcang, lupis, kue Gambir khas dari Bali dan masih banyak lagi.

Uraian diatas adalah informasi update yang mengulas deretan jenis daun yang bisa dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan yang aman digunakan. Sebagaimana yang kita tahu banyak orang menggunakan plastik sebagai pembungkus makanan. Padahal bungkus makanan ini sendiri sebenarnya punya dampak negatif untuk kelangsungan hidup. Oleh sebab itu, dalam beberapa pengolahan makanan, daun menjadi pilihan yang tepat. Semoga bermanfaat.