Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Tips Agar Bumbu Pepes Meresap dan Tidak Hancur

Pepes adalah salah satu jenis masakan yang umumnya banyak disukai oleh orang orang. Pepes juga ada berbagai macam mulai dari pepes ikan, pepes ayam, pepes tahu, pepes jamur, pepes seafood dan masih banyak lagi. Nah, berbicara soal pepes, bumbu yang meresap menjadi kunci utama pepes yang lezat. Pertanyaannya, bagaimana cara dan tips agar bumbu pepes bisa meresap sempurna dan tidak hancur?

Khususnya sewaktu kita memasak pepes ikan atau daging ayam, kita mungkin berharap hasil yang sempurna seperti bumbu yang meresap ke dalam daging dan juga bentuknya yang sempurna dan tidak hancur. Namun, dalam beberapa pengalaman, karena pepes membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuatnya sehingga daging mudah cepat hancur dan bumbu juga tidak meresap.

Jangan Khawatir, coba simak beberapa tips berikut ini yang bisa membantu Anda untuk memasak pepes dengan bumbu yang meresap dan tidak hancur. Silahkan disimak.


 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
  
 
4 Tips Agar Bumbu Pepes Meresap dan Tidak Hancur 

1. Memotong daging menjadi beberapa bagian

Dalam kasus daging ayam supaya tidak hancur pada saat dipepes adalah dengan cara memotong motong daging ayam menjadi beberapa bagian. Umumnya memotong daging ayam harus disesuaikan dengan resep masakan yang Anda buat, namun apabila ingin bumbu meresap dengan baik sebaiknya potong daging ayam menjadi beberapa bagian yang kecil. 

Tahukah Anda potongan yang pas untuk pepes dapat membantu supaya bumbu pepes bisa meresap ke daging dengan baik. Selain itu cara ini juga dianggap memudahkan kita untuk mengonsumsi daging ayam tersebut.

 2. Daging ayam dikerat

Tips lainnya selain memotong daging menjadi beberapa bagian potong yang kecil, Anda juga perlu mengerat dagingnya. Bagaimana caranya? Pertama Anda bisa kerat daging ayam yang sudah dibersihkan sebelumnya dengan menggunakan pisau yang tajam. Nah, untuk mengeratnya Anda bisa melakukan beberapa garis saja pada daging ayam supaya bumbunya nanti bisa meresap melalui itu.
Meskipun demikian ada hal yang perlu Anda hindari yakni mengerat daging ayam sampai terlalu dalam. Mengapa demikian? Karena terlalu banyak melakukan kerat pada daging bisa membuat daging menjadi mudah dan cepat hancur pada saat diolah.

3. Rendam ayam di bumbu

Meskipun ayam memiliki daging yang cukup tebal, namun ini bukan berarti bumbu tidak bisa meresap dengan baik saat diolah. Selain cara diatas, Anda juga bisa merendam daging ke dalam racikan bumbu ayam yang sudah Anda buat. Jadi sebaiknya jangan langsung mengolah atau menggoreng daging setelah diberi bumbu ya.
Untuk merendam daging dalam bumbu perhatikan beberapa cara. Pertama diamkan terlebih dahulu daging yang direndam dengan bumbu lalu simpan ayam yang telah dimarinasi menggunakan bumbu ke dalam kulkas. Anda bisa menunggu dan menyimpannya selama 30 sampai 60 menit. Apabila daging sudah direndam dengan bumbu maka bumbu bisa dengan mudah meresap ke dalam daging.

4. Daging diungkep terlebih dahulu

Sebelum digoreng atau diolah untuk dipepes, Anda bisa menggunakan metode ungkep untuk membuat bumbu semakin meresap ke daging dan tidak hancur. Pastikan kalau semua permukaan ayam terendam oleh air namun ingatlah untuk jangan menggunakan air dengan jumlah yang terlalu banyak karena bisa membuat teksturnya menjadi mudah hancur.

Anda bisa menunggu lama proses ungkep selama 30 sampai 45 menit. Jangan lupa untuk menutup tempat ungkep atau panci dengan penutup. Hal ini bertujuan supaya aroma ayam dan rasa yang tercipta bisa lebih terkunci.

Inilah informasi update terkait cara dan tips agar bumbu pepes meresap secara sempurna dan tidak hancur. Dengan demikian sajian pepes Anda akan semakin nikmat dengan tampilan yang sempurna dan menggugah selera. Pepes bisa Anda kreasikan sesuai dengan selera dan kesukaan Anda dengan mengikuti tips diatas.

Semoga bermanfaat.